Boeing
777
------------
Boeing
777 adalah sebuah pesawat badan lebar mesin kembar berjarak jauh dibuat oleh
Boeing Commercial Airplanes. Dia dapat membawa antara 305 - 550 penumpang dan
memiliki jangkauan dari 5.600 dampai
8.870 mil nautikal (10.400 sampai 16.400
km). Penerbangan pertama 777 pada 1994. Ciri unik dari 777 termasuk enam roda
pendaratan per set di setiap roda pendaratan utama, fuselage yang bundar
sempurna, dan "tailcone" belakang yang menyerupai mata pisau. Pada
2005 harga satuannya sekitar AS$213 juta, meskipun harga bagi maskapai
penerbangan dirahasiakan dan dapat bervariasi sangat besar.
Boeing
777-300/-200 milik Japan Airlines
-------------------------
Boeing
777 dibuat untuk menjadi pengganti Boeing 747, namun lebih efisien. Oleh karena
itu, Boeing 777 yang dirancang untuk pengganti 747, menjadi pesawat bijet
(mesin ganda) terbesar di dunia. Edisi 777 yang terbesar adalah 777-300 dan
dengan jarak terjauh adalah 777-200LR. Emirates, maskapai nasional UEA adalah
operator terbesar pesawat 777.
Sejarah
Boeing
777 mulai terbang tahun 1995, dengan United Airlines. United membeli seri
777-200 untuk permulaan. Seri kedua adalah Boeing 777-200ER dan masuk masa
service pada tahun 1997, dan dikirim pertama kali untuk British Airways. Edisi
ketiga adalah Boeing 777-300 yang berbadan besar, dibuat pertama kali tahun
1998 kepada maskapai Cathay Pacific Airways. Edisi -300 dapat membawa 550 orang
penumpang, karena perancangan 777-300 bertujuan untuk menggantikan Boeing
747-100 dan 747-200.
Prototype
Boeing 777-200
-------------------
Edisi
-200, -200ER, dan -300 adalah edisi pertama Boeing 777. Dua seri lain, yaitu
Boeing 777-200LR dan Boeing 777-300ER adalah seri jarak panjang. Boeing
777-300ER ("ER" untuk Extended Range) adalah seri jarak panjang
Boeing 777-300, dan masuk masa pada tahun 2004, dikirim pertama kali untuk Air
France. Boeing 777-200LR memasuki masa layanan tahun 2006, dan pelanggan
pertama 777-200LR adalah Pakistan International Airlines. Kemudian, jejak PIA
dalam pembelian Boeing 777-200LR diikuti oleh maskapai-maskapai lain sebagai
berikut:
Air
Canada (6)
Air
India (8)
Delta
Air Lines (8, 2 dalam pesanan)
Emirates
(10*)
Qatar
Airways (2, 6 dalam pesanan)
Turkmenistan
Airlines (1 dalam pesanan)
Boeing
777 United Airlines
---------------------
Keterangan:
Emirates adalah operator terbesar Boeing 777, Beberapa operator Boeing 777
lainnya (baik yang sudah operasi maupun dalam pesanan):
Japan
Airlines
Singapore
Airlines
Garuda
Indonesia (10 buah, dalam pesanan)
Malaysia
Airlines
Korean
Air
British
Airways
EgyptAir
American
Airlines
United
Airlines
Aeromexico
Sebuah
Singapore Airlines Boeing 777-300ER. Varian 777 inilah yang akan dioperasikan
oleh Garuda Indonesia.
------------------------
Catatan
Boeing
777-300 merupakan pesawat terbesar untuk kategori pesawat komersial mesin
ganda. Dan untuk Boeing 777-300ER (Extended Range), mesinnya, General Electric
GE90-115B memiliki diameter yang sedikit lebih besar daripada diameter kabin
Boeing 737 dan mesin ini merupakan mesin pesawat dengan gaya dorong terkuat di
dunia.[rujukan?] Pesawat ini memiliki kemiripan dengan Airbus A380-800, yaitu
pada roda pendaratannya. Kedua pesawat ini memakai enam roda untuk dua set roda
pendaratan utamanya. Bedanya, Airbus 380-800 memiliki tambahan dua set roda
pendaratan yang serupa dengan Boeing 747-400 (dengan empat roda per set roda
pendaratan)
boeing
777-300ER pertama
-----------------
Pesawat
Boeing 777 ini sudah dilengkapi dengan sistem kemudi fly-by-wire. Sistem ini
biasanya dipakai pada pesawat tempur. Fungsinya adalah untuk mengatasi gejala
"kurang ruang" yang terjadi pada saat pilot menggerakkan "tuas
kemudinya". Sistem Fly-by-wire juga sudah diaplikasikan pada pesawat
Airbus A320, A330, A340, A350 dan A380 Series. Sistem Fly-by-wire diperkirakan
akan terus dipakai untuk setiap rancangan pesawat masa depan.
Boeing
777 adalah pesawat pertama yang bentuk badannya dirancang secara penuh dengan
menggunakan desain komputer. Dan pada varian yang baru, pesawat ini dilengkapi
dengan "ruangan lantai atas tambahan" yang dapat digunakan sebagai
tempat istirahat bagi para awak pesawat. Dalam pembuatan kokpitnya, pihak
Boeing mendapat masukan dari sekitar 600 orang pilot. Pesawat ini menggunakan
layar LCD yang terpadu dalam bentuk glass cockpit.
Pesawat
ini merupakan pesawat pertama dari Boeing yang menggunakan Glass Cockpit secara
menyeluruh. Glass cockpit terkesan jauh lebih rapi dan elegan jika dibandingkan
dengan cockpit konvensional. Sistem Glass cockpit ini dipercaya akan menjadi
trend bagi pesawat-pesawat baru. Glass Cockpit telah digunakan pada Boeing 737
NG series, Boeing 747-400, Boeing 787 Dreamliner, Airbus A330, A340, A350 dan
A380 series.
Boeing
777 juga telah mengeluarkan versi cargo.yaitu versi Boeing 777F (Freighter).
Pesawat ini menggunakan sistem glass cockpit dan radar versi Honeywell terbaru.
Konsumen perdana boeing ini adalah Air France.pesawat ini terbang perdana pada
bulan Februari tahun 2010.