Pesawat Concorde tengah lepas landas
----------------
Aérospatiale-BAC
Concorde adalah sebuah pesawat terbang supersonik yang merupakan satu dari dua
jenis pesawat penumpang supersonik yang pernah melayani jalur transportasi
secara komersial. Pesawat
supersonik lainnya tersebut adalah Tupolev Tu-144
milik Rusia yang juga ditengarai adalah hasil spionase dari Concorde. Concorde
memiliki kecepatan jelajah 2,04 Mach (kecepatan suara) dan ketinggian terbang
hingga 60.000 kaki (17.700 meter) dengan konfigurasi sayap delta dan evolusi
mesin yang dilengkapi dengan mesin jet afterburner awalnya dikembangkan untuk
pesawat pengebom strategis (bomber) Avro Vulcan.Penerbangan komersial yang
dioperasikan oleh British Airways dan Air France ini dimulai pada 21 Januari
1976 dan berakhir pada 24 Oktober 2003, dengan penerbangan terakhir pada 26
November tahun yang sama.
Sejarah
Pada
akhir 1950-an, Britania Raya, Perancis, Amerika Serikat dan Uni Soviet sedang
mempertimbangkan untuk mengembangkan transportasi supersonik. Inggris Bristol
Aeroplane Company dan Perancis Sud Aviation berdua bekerja pada desain, yang
disebut Tipe 223 dan Super-Caravelle, masing-masing Kedua sebagian besar
didanai oleh pemerintah masing-masing. Desain Inggris untuk tipis-winged bentuk
delta (yang berhutang banyak untuk bekerja oleh Dietrich Küchemann) untuk
pesawat transatlantik-berkisar sekitar 100 orang, sementara Perancis yang
berniat untuk membangun sebuah pesawat jarak menengah. Desain sama-sama siap
untuk mulai prototipe dibangun di awal 1960-an, tetapi biaya begitu besar
sehingga pemerintah Inggris membuat satu persyaratan yang BAC mencari kerjasama
internasional. Pendekatan yang dilakukan pada sejumlah negara, tetapi hanya
Perancis menunjukkan bunga riil. Proyek pengembangan internasional
dinegosiasikan sebagai perjanjian antara kedua negara daripada perjanjian
komersial antara perusahaan dan termasuk klausa, awalnya diminta oleh Inggris,
memaksakan pembatalan hukuman berat. Perjanjian di tandatangani pada 28
November 1962. Sebuah rancangan perjanjian ditandatangani pada tanggal 28
Nopember 1962.. Pada saat ini, kedua perusahaan telah bergabung menjadi baru;
demikian, proyek Concorde antara British Aircraft Corporation dan Aerospatiale.
Awalnya
konsorsium baru dimaksudkan untuk menghasilkan satu jangka panjang dan satu
versi jarak dekat. Namun, calon pelanggan tidak menunjukkan minat dalam versi
jarak pendek dan itu dijatuhkan. Konsorsium dijamin pesanan (yakni, tidak
mengikat lainnya) selama lebih dari 100 dari jangka panjang versi dari maskapai
besar hari: Pan Am, BOAC dan Air France adalah peluncuran pelanggan, dengan
enam Concorde masing-masing. Maskapai lain dalam buku pesanan termasuk Panair
do Brasil, Continental Airlines, Japan Airlines, Lufthansa, American Airlines,
United Airlines, Air India, Air Canada, Braniff, Singapore Airlines, Iran Air,
Olimpiade Airways, Qantas, CAAC, Middle East Airlines dan TWA. Pesawat ini
awalnya disebut di Inggris sebagai "Concorde", dengan ejaan Perancis,
tapi secara resmi berubah menjadi "Concord" oleh Harold Macmillan
dalam menanggapi sedikit yang dirasakan oleh Charles de Gaulle. ." Pada
tahun 1967, di Perancis-roll out di Toulouse Pemerintah Inggris Menteri
Teknologi, Tony Benn mengumumkan bahwa ia akan mengubah ejaan kembali ke
"Concorde". Hal ini menciptakan kegemparan yang nasionalis mereda
ketika Benn menyatakan bahwa suffixed "e" mewakili "Excellence,
Inggris, Eropa dan Entente (Cordiale)." Dalam memoarnya, ia menceritakan
sebuah cerita tentang sebuah surat dari Skotlandia yang marah menyatakan:
"[Y] ou berbicara tentang 'E' untuk Inggris, tetapi sebagian dibuat di
Skotlandia." Mengingat kontribusi Skotlandia menyediakan kerucut hidung
untuk pesawat terbang, Benn menjawab, "[I] t juga 'E' untuk 'Écosse' (nama
Prancis untuk Skotlandia) - dan aku mungkin telah menambahkan 'e' untuk
pemborosan dan 'e 'untuk eskalasi juga! " Pembangunan dua prototip dimulai
pada bulan Februari 1965: 001, yang dibangun oleh Aerospatiale di Toulouse, dan
002 oleh BAC di Filton, Bristol. Concorde 001 membuat penerbangan percobaan
pertama dari Toulouse pada 2 Maret 1969, dikemudikan oleh Andre Turcat, dan
supersonik pertama kali pada 1 Oktober. Inggris pertama dibangun Concorde
terbang dari Filton ke RAF Fairford pada tanggal 9 April 1969, dikemudikan oleh
Brian Trubshaw. [11] Sebagaimana program penerbangan berlangsung, 001 memulai
penjualan dan demonstrasi tur di 4 September 1971.002 Concorde mengikuti pada 2
Juni 1972 dengan tur ke Tengah dan Timur Jauh.Concorde membuat kunjungan
pertama ke Amerika Serikat pada 1973, yang baru mendarat di Dallas-Fort Worth
Bandar Udara Regional untuk menandai bahwa pembukaan bandara. Perjalanan ini
menyebabkan lebih dari 70 pesanan untuk pesawat, tapi kombinasi berbagai faktor
menyebabkan pembatalan perintah: yang krisis minyak 1973, maskapai penerbangan
kesulitan keuangan, yang spektakuler Paris Le Bourget menunjukkan kecelakaan
udara dari Soviet bersaing Tupolev Tu-144, dan lingkungan seperti sonic boom,
kebisingan lepas landas dan polusi Pada tahun 1976 empat negara tetap sebagai
calon pembeli: Britania, Perancis, Cina, dan Iran. Pada akhirnya hanya Air
France dan British Airways (penerus BOAC) mengambil pesanan mereka, dengan dua
pemerintah mengambil potongan apapun laba. Dalam kasus BA, 80% dari laba ditahan
oleh pemerintah sampai tahun 1984, sedangkan biaya membeli pesawat ditutupi
oleh pinjaman negara. Dua rancangan telah diserahkan; yang Lockheed L-2000,
tampak seperti skala-up Concorde, hilang ke Boeing 2707, yang dimaksudkan untuk
menjadi lebih cepat, untuk membawa 300 penumpang dan fitur-sayap desain ayunan
. Pengamat industri di Perancis dan Inggris Raya menunjukkan bahwa bagian dari
Concorde menentang Amerika atas dasar polusi suara yang diatur oleh, atau
setidaknya didorong oleh, Pemerintah Amerika Serikat, karena dengki karena
tidak dapat mengusulkan pesaing yang layak, meski Presiden John F. Kennedy
bersemangat pernyataan komitmen 1963. [14] Negara-negara lain, seperti India
dan Malaysia, mengesampingkan overflights supersonik Concorde karena masalah
kebisingan. Demonstrasi dan uji penerbangan diterbangkan dari tahun 1974 dan
seterusnya. Pengujian Concorde mengatur catatan yang belum melampaui;
prototipe, pra-produksi dan produksi pertama pesawat melakukan penerbangan
5.335 jam. Sebanyak 2.000 tes jam berada di kecepatan supersonik. Unit Unit
biaya £ 23 juta (US $ 46 juta) pada tahun 1977. Biaya pembangunan enam kali
lipat jumlah yang diproyeksikan.